Bandung

Bandung adalah kota terbesar ketiga di Indonesia, letaknya cukup dekat ke Jakarta. Bandung memiliki koleksi besar arsitektur Kolonial Belanda, serta taman botani yang indah, kebun binatang, lapangan golf dan berbagai sajian kuliner.

 

  • 1) Objek Wisata Religi

 

  • Masjid Raya Bandung
    Letaknya ada di pusat kota, tepatnya di alun-alun Bandung. Dikelilingi dengan beragam mall dan pusat perbelanjaan, masjid ini merupakan salah satu masjid tua di bandung. Bangunannya menjadi satu dengan alun-alun, sehingga tidak heran kondisinya sangat ramai dan merakyat sekali.Kalau pada umumny masjid seperti terpisah dengan sekitarnya maka di tempat ini benar-benar menyatu. Banyak pedagang ngemper di masjid ini. Pedagang asesoris sampai mie instan dengan mudah ditemui di sini. Namun jangan salah, kegiatan keagamaan di tempat ini berlangsung secara kontinu. Kelebihannya adalah tidak pernah tutup, sehingga siapapun dan kapanpun ingin beribadah dapat melakukannya dengan mudah.

 

  • PUSDAI
    Tempat ini juga berupa masjid yang dilengkapi dengan aula dan perpustakaan serta sentra kegiatan keagamaan lainnya. Letaknya ada di dekat gedung sate, sehingga mudah untuk dicari. Kondisinya rindang dan tidak ada pedagang yang berseliweran. Cocok untuk yang senang dengan ketenangan dan keasrian. Tempat ini dijadikan pusat penyebaran islam di Bandung.

 

Daarut Tauhid

Daarut Tauhid

  • Daarut Tauhid
    Nah, kalau tempat satu ini tentu lebih banyak yang tahu. Pondok pesantren ini memang milik Kyai kondang Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal dengan Aa’ Gym. Tempatnya ada di Gegerkalong Girang. Tidak hanya pondok pesantren, di sini juga terdapat toko buku, stasiun televisi dan radio.

 

  • Kampung Mahmud
    Kampung ini berada di pinggiran bandung, tepatnya di Kecamatan Marga Asih. Di sini terdapat makam Eyang Dalem Abdul Manaf, yang berjasa menyebarkan agama islam di wilayah Bandung.

 

 

  • 2) Objek Wisata Alam

 

  • Gunung Tangkuban Perahu
    Nama Tangkuban Perahu pasti sudah akrab di telinga Anda. Nama wisata alam yang menawarkan keindahan gunung berapi yang sampai saat ini masih aktif ini diambil dari sebuah legenda Jawa Barat yang juga sangat terkenal yaitu kisah antara Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Kawah yang dimiliki oleh pegunungan ini sangat banyak dan memiliki nama masing-masing, antara lain kawah ratu, Domas, Siluman, Badak, dll. Kawah Ratu merupakan kawah yang terbesar, sedangkan kawah Domas merupakan kawah yang masih memiliki lumpur yang mendidih, serta mengeluarkan suara berdesis uap belerang.

 

  • Kawah Putih
    Keindahan wisata alam kawah putih yang terletak di Bandung Selatan ini sudah terkenal sejak lama. Kawah putih merupakan kawah yang dimiliki oleh Gunung patuha dan kawah ini dibatasi oleh dua tebing yaitu tebing yang dinamakan Sunan Ibu dan Sunan Rama. Warna air danau kawah ini menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki warna yang berubah-ubah sesuai dengan cuaca. Kawah ini dinamakan kawah putih karena pada pagi hari atau saat sedang hujan , warna air danau ini adalah putih dan diselimuti oleh kabut tipis yang juga berwarna putih. Warna kawah berubah keemasan ketika sinar matahari yang sedang terbit terpantul ke danau dan berwarna hijau kebiruan saat cuaca sedang cerah.

 

  • Maribaya
    Maribaya merupakan salah satu wisata alam di Bandung yang memiliki sumber mata air panas dan juga beberapa air terjun yang dalam istilah bahasa Sunda dikenal dengan istilah Curug. Curug yang terdapat di Maribaya antara lain Curug Cikawari dan Cikoleang.

 

 

  • 3) Wisata Kuliner

 

  • Secara geografis, berbagai objek wisata kuliner di Bandung dapat dijangkau dengan cukup mudah, baik dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Rute angkot yang menjangkau seluruh bagian kota dan sejumlah di antaranya beroperasi 24 jam akan membuat perjalanan di kota Bandung menjadi lebih fleksibel.
  • Ditunjang dengan udara Bandung yang sejuk, maka jalan-jalan kuliner Anda akan kian berkesan. Tak hanya itu, Bandung adalah Paris van Java, tempat berbagai produk-produk fashion dan aneka barang kreatif berada. Anda akan memiliki banyak pilihan perjalanan setelah puas menikmati jajanan kuliner di Bandung tersebut.

 

 

  • 4) Wisata Belanja dan Cinderamata

 

  1. Toko Roti Jadul Sidodadi, lokasi: Jln. Otto Iskandar Dinata No. 255 Bandung
  2. Roti Bawean, lokasi: Jln. Bawean No. 4
  3. Bagelen Toko Kue Abadi, lokasi: Jln. Purnawarman No. 49
  4. Bagelen Merbabu Bread & Cookies, lokasi: Jln. Karang Mulya No. 8 Setiabudi
  5. Kopi Aroma, lokasi: Jln. Banceuy No. 51 Bandung
  6. Gepuk Ny. Yong, lokasi: Jln. Pasundan No. 15, Jln. Sawo No. 6, Jln. Setiabudi No. 144, Jln. RE Martadinata No. 57