20 September 2013
Category: Media
20 September 2013,
 Off

KOMPAS, Pelesir dengan kereta sudah biasa, namun kereta yang satu ini bukan kereta biasa. Di sini, terasa sangat nyaman seperti berada di dalam rumah. Dilayani oleh pramugara-pramugari kereta, bahkan soal makanan pun  tak perlu khawatir kekurangan.

KA Wisata itu rutenya itu bisa kemana saja. Tinggal pelanggan itu maunya kemana karena KA Wisata bisa digandengkan dengan jalur perjalanan yang normal.
– Ignasius Jonan

Kereta wisata yang diluncurkan oleh PT Kereta Api Indonesia beberapa tahun lalu, kini makin menarik perhatian masyarakat. “Keluarga paling banyak, kan senang ngajak 20 orang ramai-ramai, kan disediakan makan juga ada yang ngatur makan segala macam,” ungkap Ignasius Jonan, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), dalam perjalanan di KA Argo Jati, pada Super Weeekend Program Wonderful Cirebon, Wonderful Train, Sabtu (2/2/2013).

Dijamin fasilitas nomor wahid yang disediakan di sini. Mulai dari kursi sofa nan empuk, televisi yang bisa pula digunakan untuk karaoke bersama-sama, serta mini bar. Kereta pun dapat disulap untuk menjadi ruangan pertemuan bisnis.

Namun, untuk dapat menggunakan kereta wisata ini, tidak dijual tiket perseorangan, melainkan disewa per gerbong. Harganya, berbeda-beda sesuai tujan. Rute kereta sendiri tidak punya jalur khusus, karena gerbong kereta akan digabungkan dengan kereta reguler, sesuai dengan pesanan penumpang.

“KA Wisata itu rutenya itu bisa kemana saja, tinggal pelanggan itu maunya kemana karena KA Wisata bisa digandengkan dengan jalur perjalanan yang normal,” katanya.

Tujuan wisata paling favorit adalah Jakarta-Cirebon dengan harga sewa sekitar Rp 15 juta, Jakarta-Yogyakarta sekitar Rp 25 juta untuk penumpang maksimal 25 orang per gerbong. “Kalau pelanggan mau ke Malang dari Bandung ya kita bisa gabungkan dengan Malabar,” kata Ignasius.

Saat ini, kereta wisata baru memiliki tiga gerbong kereta, yaitu Nusantara, Toraja, dan Bali. Penamaan tiga gerbong masing-masing tercermin dari desain interior di dalam kereta.

Maka jika Anda ingin mengunakan jasa kereta wisata ini, harus dipesan dari jauh-jauh hari. Peminat kereta paling banyak pastinya pada waktu akhir pekan, musim liburan nasional dan liburan sekolah serta pada saat menjelang lebaran. “Kalau ingin menggunakan kereta ini untuk mudik harus pesan minimal enam bulan sebelumnya,” katanya.

Ke depan, menurut Ignasius Jonan, rencananya PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan penambahan gerbong, mengingat peminat kereta wisata ini makin bertambah. Tahun ini, akan diadakan penambahan tiga gerbong kereta wisata dan enam gerbong tahun depan. Jadi dalam dua tahun mendatang, akan ada 12 gerbong kereta wisata yang akan melayani kenyamanan penumpang menggunakan moda transportasi kereta api.

Lalu, bagaimana cara memesan gerbong kereta nan nyaman tersebut? Cukup mudah, bisa dengan melakukan pemesanan online ke www.indorailtour.com atau mendatangi langsung kantor pengelola Gedung Jakarta Railway Center di Jl Ir H Juanda 1B nomor 8.

Selain itu, kereta wisata juga menawarkan paket wisata ke daerah-daerah di Pulau Jawa yang sering menjadi tujuan favorit berwisata seperti Jogja Tour, Cirebon Tour, Semarang, Malang, dan Nusakambangan.

 

Sumber: KOMPAS