Cirebon Cirebon City, West Java

Cirebon, Jawa Barat

Cirebon kami gambarkan sebagai destinasi wisata dengan berbagai daya tarik wisata budayanya yang religius, unik, atraktif dan eksotik. Jangan ragu berlibur di tanah Caruban yang menjadi Gerbang di jalur Pantura, jalan Bandung – Jawa Tengah ini, dengan ciri khas masyarakatnya yang tradisional, agamis namun dinamis, Anda akan serasa berada di kampung halaman sendiri.

Kebudayaan yang melekat pada masyarakat Kota Cirebon merupakan perpaduan berbagai budaya yang datang dan membentuk ciri khas tersendiri. Hal ini dapat dilihat dari beberapa pertunjukan khas masyarakat Cirebon antara lain Tarling, Tari Topeng Cirebon, Sintren, Kesenian Gembyung dan Sandiwara Cirebonan.

Kota ini juga memiliki beberapa kerajinan tangan di antaranya Topeng Cirebon, Lukisan Kaca, Bunga Rotan dan Batik.

1408374608_recommended

 

berkeliling

 

 

Kami akan mengajak Anda mengenal mengenai Cirebon, terutama destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi, mulai dari objek wisata religi, wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja dan hal menarik yang perlu Anda ketahui tentang Cirebon.

 

Pintu Masuk Makam Sunan Gunung Jati

Pintu Masuk Makam Sunan Gunung Jati

1) Objek Wisata Religi

  • Makam Sunan Gunung Jati
    Disini dimakamkan Sunan Gunung Jati (Syekh Syarif Hidayatullah) juga Fatahillah Panglima Perang Pembebasan Batavia. Terdapat di Desa Astana 6 Km ke arah utara dari Kota Cirebon.

 

  • Makam Pangeran Cakrabuana (Mbah Kuwu Sangkan)
    Di tempat ini dimakamkan Mbah Kuwu Cirebon yaitu salah seorang pemimpin tertinggi di wilayah Cirebon. Selain sebagai tokoh masyarakat, beliau juga sangat disegani ilmu pengetahuannya. Sampai saat ini, masih banyak diziarahi oleh masyarakat Cirebon dan sekitarnya, terletak di desa Cirebon Girang Kecamatan Talun 5 Km dari Kota Sumber.

 

 

 

2) Objek Wisata Alam

  • Banyu Panas Palimanan Cirebon

    Banyu Panas Palimanan Cirebon

    Kura-kura Belawa
    Lokasi wisata ini berjarak kira-kira 25 Km dari kota Sumber ke arah timur. Objek wisata ini memiliki daya tarik dari kura-kura yang mempunyai ciri khusus dipunggung dengan nama latin Aquatik Tortose Ortita Norneensis. Keberadaan kura-kuran ini terletak di Desa Belawa kecamatan Sedong. Menurut penelitian merupakan spesies kura-kura yang langka dan patut dilindungi keberadaannya.

 

  • Banyu Panas
    Objek wisata ini terdapat di desa Palimanan Barat kecamatan Palimanan sekitar 16 Km dari Kota Cirebon ke arah Bandung. Objek wisata ini merupakan pemandian air panas dengan kadar belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Pemandian air panas ini ada disekitar bukit Gunung Kapur Gunung Kromong yang mempunyai keistimewaan mata air selalu berpindah-pindah. Pihak investor di undang untuk mengembangkan lokasi ini untuk dijadikan wisata spa.

 

 

 

 

kuliner

 

 

 

  • Nasi Lengko

    Nasi Lengko

    Nasi Lengko
    Nasi lengko ini sangat populer dan dapat ditemukan di berbagai tempat di Kota Cirebon. Bahan-bahan makanan ini cukup sederhana, seperti nasi putih, tahu, tempe, mentimun, taoge, dan daun kucai (seledri) yang kemudian ditaburi bawang goreng serta disiram bumbu kacang dan kecap. Lebih enak lagi jika ditemani kerupuk dan emping.

 

  • Nasi Jamblang/Sega Jamblang
    Jamblang adalah nama daerah di barat Kota Cirebon tempat nasi jamblang berasal. Sega jamblang menggunakan daun jati sebagai bungkus nasi yang tersaji secara prasmanan. Menunya, antara lain, sambal goreng, tahu sayur, paru-paru, semur hati atau daging, perkedel, satai kentang, telur dadar/goreng, sambal goreng telur, semur ikan, ikan asin, tahu, dan tempe.

 

 

 

 

belanja

 

 

 

  • Batik Trusmi
    Trusmi adalah pusat industri (kerajinan) batik khas Cirebon, yang terletak 9 Km dari kota Sumber. Produknya tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia tetapi hingga mancanegara. Ragam hias tradisional pada variasi motif batik dengan gradasi warna yang serasi. Karya seni batik Trusmi dapat dijumpai pada galeri-galeri batik disepanjang jalan Trusmi.

 

 

promo

 

 

 

 

Maaf, belum tersedia.

 

Teks tersedia di bawah Lisensi Atribusi-Berbagi Serupa Creative Commons; ketentuan tambahan mungkin berlaku.